Memulai Bisnis Logistik

Pertumbuhan ekonomi India dalam beberapa tahun terakhir telah menghasilkan pasar besar untuk layanan logistik. Industri logistik mempekerjakan lebih dari 50 juta orang di India. Mitra logistik yang efisien dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional untuk bisnis apa pun dengan memotong biaya dan waktu pengiriman. Ini pada akhirnya berarti pangsa pasar dan keuntungan untuk bisnis.

Ada berbagai jenis bisnis logistik yang dapat dimulai. Ini termasuk logistik pihak ketiga (3PL), jasa kurir dan pengiriman barang, layanan kargo udara dan layanan pergudangan. Setiap perusahaan logistik perlu melihat aspek-aspek berikut untuk menjadi sukses.

Pendanaan dan Investasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh Layanan Pengiriman Barang Terbaik perusahaan logistik adalah mencari investasi. Jumlah investasi dalam bisnis logistik akan tergantung pada layanan yang ingin Anda mulai. Layanan perantara dan manajemen pengiriman yang sederhana akan membutuhkan modal lebih sedikit dibandingkan dengan layanan 3PL. Misalnya, untuk menyiapkan layanan pengiriman barang di India, Anda akan memerlukan investasi modal sekitar $ 1- $ 2 juta USD. Layanan 3PL murni akan membutuhkan investasi mulai dari $ 10-18 juta USD. Memulai Inland Container Depot (ICD) atau Container Freight Station (CFS) membutuhkan investasi hingga ratusan juta dolar (USD).

Adalah penting untuk mengidentifikasi layanan niche yang ingin Anda targetkan dan menyiapkan rencana investasi berdasarkan itu. Menemukan investasi dalam bidang logistik relatif lebih sederhana di India karena norma FDI liberal dan minat aktif yang ditunjukkan oleh para pemain ekuitas swasta besar.

Kepatuhan dan Registrasi

Langkah kedua adalah mendapatkan sertifikasi pendaftaran dan kepatuhan yang diperlukan. Seperti halnya bisnis apa pun, layanan Logistik memerlukan pendaftaran dan kepatuhan pemerintah tertentu. Di India, pendaftaran dengan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA), Asosiasi Agen Kargo Udara India (ACAAI) sangat berguna untuk perusahaan pengiriman barang. Mungkin juga diperlukan untuk menjadi bagian dari forum industri seperti Institut Logistik CII untuk mengangkat masalah terkait industri logistik. Registrasi penting lainnya di India termasuk registrasi DGFT, Departemen Pajak, Pencatat Perusahaan dan Departemen Pemerintah terkait.

Resiko bisnis

Aspek ketiga yang perlu dilihat adalah risiko bisnis. Dalam jasa kargo medan ekonomi yang sedang berkembang seperti India, manajemen risiko memainkan peran penting, terlebih untuk bisnis logistik. Karena bisnis logistik sangat dinamis dengan banyak mitra / vendor terlibat dalam seluruh operasi, risiko klaim sangat tinggi. Penting untuk menutupi kewajiban dengan mengambil asuransi bisnis dalam jumlah yang memadai. Banyak perusahaan asuransi besar di India menawarkan paket asuransi semacam itu. Masalah tanggung jawab serius muncul dari kerusakan kargo, pencurian, cedera, kerusakan lingkungan, dll. Meskipun asuransi bisnis membantu mengatasi beberapa masalah tanggung jawab, mereka tidak selalu sangat efektif. Misalnya, sebagian besar asuransi Kargo dan Properti di India tidak akan mencakup kekurangan inventaris karena ini dianggap risiko normal saat menjalankan bisnis 3PL.

Akuisisi dan Pesaing Pelanggan

Memperoleh pelanggan adalah kunci untuk menjalankan bisnis yang sukses. Jika Anda ingin memulai layanan 3PL, akan sangat membantu untuk mempelajari berbagai industri / produk dan memahami kebutuhan logistik di industri tersebut. Karena India terutama merupakan ekonomi ekspor, ada banyak sektor yang berkembang pesat seperti Otomotif, Infrastruktur, manufaktur, dan layanan. Semua sektor ini membutuhkan layanan logistik. Mengidentifikasi area yang lemah dan memberikan solusi yang efisien secara operasional adalah kunci untuk memenangkan pelanggan baru dalam layanan 3PL. Setelah Pelanggan reguler didirikan, Anda dapat mulai berinvestasi dalam infrastruktur dan menciptakan solusi untuk mengatasi pasar yang lebih luas.

Penting juga untuk memahami pesaing Anda. Norma FDI (Penanaman Modal Asing Langsung) Liberal telah memudahkan MNC memasuki sektor logistik India. Pemain besar seperti itu dapat berinvestasi dalam infrastruktur dan pemasaran. Oleh karena itu sebelum memasuki layanan tertentu, penting untuk melakukan penelitian menyeluruh tentang pesaing Anda dan fokus pada penentuan posisi diri Anda secara berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *